Membuat Media Pembelajaran Sederhana Menggunakan Aplikasi VideoScribe (Part 1)

Tentunya Saudara pernah melihat sebuah tayangan video, sebuah animasi dimana tulisan/text atau gambar seperti sedang ditulis atau digambar oleh sebuah tangan yang memegang pinsil atau pulpen, seperti Gambar 1 berikut? Tentu saja, pernah melihatnya. Banyak sekali tayangan video, terutama disitus sharing video seperti youtube, baik itu video pembelajaran atau video promosi produk yang menggunakan aplikasi tersebut.

Gambar 1. Whiteboard animation, Videoscibe

Aplikasi “goresan tangan” tersebut dapat digunakan untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran atau promosi sebuah produk atau layanan jasa sebuah perusahaan agar lebih menarik minat siswa atau konsumen dan masyarakat. Termasuk jenis apakah aplikasi tersebut dan apa saja aplikasinya? Aplikasi tersebut merupakan Jenis aplikasi whiteboard animation. Terdapat beberapa perangkat lunak/software whiteboard animation, di antaranya adalah Sparkol VideoScribe, Explaindo, Easy Scretch Pro, dan goAnimate. Tentu saja aplikasi-aplikasi tersebut tidak gratis, alias berbayar. Harga aplikasi tersebut berkisar antara $37 – $300 per tahun. Mahal juga, ya.

Pada Seri Tutorial ini, penulis akan menggunakan aplikasi Sparkol VideoScribe untuk membuat sebuah media pembelajaran sederhana, karena aplikasi VideoSribe ini memang paling populer dan banyak digunakan. Sebelum kita memulai menggunakan aplikasi VideoScibe, akan dibahas tentang sejarah dan manfaat aplikasi ini.

Menurut situs wikipedia, VideoSribe dibuat oleh Perusahaan asal Inggris, Sparkol, pada tahun 2012. Pada bulan April 2014, lebih dari 250.000 pengguna dari 135 negara telah menggunakan aplikasi ini. VideoScribe dibuat atau di- developed menggunakan Adobe Flash dan dapat menghasilkan video berformat QuickTime (MOV), Windows Format (WMF),  AVI, dan format image sequences (JPEG atau PNG), dengan ukuran kualitas standar High Definition, 750 HD – 1080 HD dengan framerate 15 – 50 fps.

VideoScribe  tersedia dalam versi desktop/PC berbasis windows dan macintosh, juga berbasis mobile untuk sistem operasi Android dan Ipad Apple. Untuk versi desktop, aplikasi ini dapat gratis digunakan selama  7 hari. Bagaimana setelah 7 hari, tentu saja harus membayar, baik secara bulanan, per tahun, atau selamanya. Versi terbaru VideoScribe adalah versi 2.3.7 dan harus ditebus seharga $4.08/bulan, atau bayar secara tahunan seharga $49 atau Saudara dapat menggunakan aplikasi ini seumur hidup dengan gratis update seharga $665.

Instalasi Aplikasi

Untuk mendapatkan aplikasi VideoScribe, masuklah ke situs www.videoscribe.co. Pada halaman utama, seperti tampak pad Gambar 2 berikut, tekanlah teks tombol Start Your Trial Now. Saudara diminta mengisi data email, nama, dan password seperti tampak pada Gambar 3.

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.  Mengunduh aplikasi di www.videoscribe.co.

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.  Mengisi isian untuk mengunduh aplikasi.

Setelah mengisi isian tersebut, cek-lah email Saudara! Bukalah email yang dikirim VideoScribe, Saudara diminta menekan tombol kelengkapan pendaftaran (Gambar 4) dan masuk ke situs VideoScribe untuk mendapatkan link unduh aplikasinya. Unduhlah aplikasi tersebut! Untuk VideoScribe versi 2.3.0 besarnya file instalasi besarnya kurang lebih 52 MB.

Sekarang kita akan menginstall aplikasi VideoSribe dalam sistem operasi Windows, versi Windows Penulis adalah versi Windows 8.1.

Gambar 4.  Konfirmasi email yang dikirim VideoSribe.

Tekanlah file instalasi, ikutilah petunjuk instalasi sampai akhir instalasi seperti ditunjukkan Gambar 5 berikut. Jika instalasi sudah selesai/complete, bukalah aplikasi VideoSribe. Secara default program aplikasi berada pada Disk C:/Program Files (x86)/Sparkol/Sparkol VideoSribe/VideoSribe.exe.

Gambar 5.  Proses instalasi VideoSribe.

Saudara dapat menjalankan aplikasi melalui beberapa cara, shortcut pada Desktop, shortcut pada tampilan Aplikasi MetroUI pada Windows, atau dengan menekan tombol Ctrl + Q lalu menulis VideoScribe pada pencarian. Tampilan awal VideoSribe tampak pada Gambar 6 berikut. Pada Gambar 6 tersebut, Saudara diminta memasukkan username dan password yang telah Saudara daftarkan.

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6.  Tampilan awal VideoSribe.

Bersambung (Fitur-fitur VideoScribe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Subsribe

Name
Email *

Alexa Rank