Apakah Teknologi Pembelajaran itu?

bacakoran1Apa teknologi pembelajaran itu? Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar (AECT, 1994), (Seels & Richey, 2000). Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi (memudahkan) kegiatan pembelajaran dan untuk meningkatkan kinerja. Mengingat pesatnya perkembangan teknologi pembelajaran, baik sebagai disiplin ilmu, program studi maupun profesi. Selain itu teknologi pembelajaran merupakan suatu teori, bidang, dan profesi. Parameter suatu profesi yang berakar dari penelitian, teori, dan praktek.

Teknologi pembelajaran telah berkembang sebagai teori dan praktek di mana proses, sumber, dan sistem belajar pada manusia baik perseorangan maupun dalam suatu ikatan organisasi dapat di rancang, dikembangkan, dimanfaatkan, dikelola, dan dievaluasi. Pada hakekatnya teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin yang berkepentingan dengan pemecahan masalah belajar dengan berlandaskan pada serangkaian prinsip dan menggunakan berbagai macam pendekatan atau teori belajar dan pembelajaran (Isjoni, 2005). Oleh karena itu, teori belajar dan pembelajaran penting untuk Anda pelajari.

Bidang kajian belajar dan pembelajaran ini pada awalnya digarap dengan mensintesiskan berbagai teori dan konsep dari berbagai disiplin ilmu lain ke dalam suatu usaha terpadu, atau disebut dengan pendekatan isomeristik, yaitu menggabungkan berbagai pemikiran atau disiplin keilmuan yang berkaitan dalam satu kesatuan yang lebih bermakna (Miarso, 2004). Menurut Seels & Richey (1994) beberapa disiplin ilmu lain yang menjadi akar intelektual teknologi pembelajaran adalah psikologi, rekayasa (engineering), komunikasi, ilmu komputer, bisnis, dan pendidikan (Miarso, 2004). Selain itu juga memadukan berbagai macam pendekatan dari bidang psikologi, komunikasi, manajemen, rekayasa, dan lain-lain secara bersistem.

Anda ingat setiap teknologi dibangun atas dasar suatu teori tertentu. Demikian pula pada teknologi pembelajaran, dibangun atas dasar prinsip-prinsip yang ditarik dari teori psikologi terutama teori belajar dan hasil-hasil penelitian dalam kegiatan pembelajaran. Teori belajar merupakan sumber hipotesis atau dugaan-dugaan tentang proses belajar yang telah teruji kebenarannya melalui penelitian dan pengalaman. Sedangkan prinsip belajar adalah konsep-konsep yang harus diterapkan di dalam proses pembelajaran.

Bagaimana dengan prinsip pembelajaran? Prinsip pembelajaran berusaha untuk merumuskan cara-cara untuk membuat orang dapat belajar dengan baik. Artinya tidak semata-mata merupakan penerapan dari teori atau prinsip-prinsip belajar walaupun berhubungan dengan proses belajar. Dalam teori pembelajaran dibicarakan tentang prinsip-prinsip yang dipakai untuk memecahkan masalah-masalah praktis di dalam pembelajaran. Selain itu, bagaimana menyelesaikan masalah-masalah yang terdapat dalam pembelajaran sehari hari (Snelbacker, 1974). Teori pembelajaran tidak saja berbicara tentang bagaimana peserta didik belajar tetapi juga mempertimbangkan hal-hal lain yang mempengaruhi peserta didik secara psikologis, biologis, antropologis, dan sosiologis. Dengan demikian, permasalahannya bagaimana peranan teori belajar dalam teknologi pembelajaran.

Video tentang Tupoksi Teknologi Pembelajaran dapat dilihat di link berikut atau di youtube

Diambil Dari : Materi Belajar 1

Penulis:

Drs.Bambang Warsita, M.Pd

Uwes Anis Chaeruman, M.Pd

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Subsribe

Name
Email *

Alexa Rank