Apakah perbedaan buku teks dan modul?

Seringkali kita dibingungkan dengan istilah buku teks pelajaran atau modul. Apakah buku yang saya baca ini termasuk buku teks pelajaran ataukah modul.

Beberapa perbedaan antara buku teks dan modul di bawah ini:

 

Buku Teks

Modul
komunikasi satu arah komunikasi dua arah
peserta diklat pasif peserta diklat terlibat aktif
metode ceramah metode dialog
struktur tidak jelas struktur jelas
belajar diatur sendiri belajar dibimbing
tidak mengenai orang tertentu Bersahabat dan memberikan dorongan
sedikit menerapkan pengetahuan dan ketrampilan Menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang baru didapatkannya
latihan hanya ada di akhir teks, terkadang tidak ada tugas/latihan sama sekali ada tugas dan terkait dalam teks
materi terbagi dalam Bab besar materi terbagi dalam penggalan yang kecil
tidak ada umpan balik ada umpan balik

 

Pengertian bahan belajar lainnya, yaitu merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.

 

Di dalam Peraturan Kepala LAN nomor 5 tahun 2009, modul diartikan sebagai unit terkecil dari sebuah mata diklat, yang dapat berdiri sendiri dan dipergunakan secara mandiri dalam proses pembelajaran yang dimaksudkan untuk:

  1. mengatasi keterbatasan waktu dan ruang peserta diklat
  2. memudahkan peserta diklat belajar mandiri sesuai kemampuan
  3. memungkinkan peserta diklat untuk mengukur atau mengevaluasi

sendiri hasil belajarnya.

 

Modul sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, minimal memiliki beberapa tujuan.Tabel berikut ini adalah tujuan modul menurut Peraturan Kepala BPPK nomor PER-003/PP/2009, yaitu:

 

Sebagai Medium Referensi Materi Modul merupakan suatu paket pengajaran yang disusun secara sistematis, terarah, lengkap sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar
Sebagai Medium Referensi Belajar modul sebaiknya dapat digunakan untuk referensi belajar atau pengganti tatap muka antara widyaiswara/tenaga pengajar dan peserta diklat
Sebagai Medium referensi Lanjutan Belajar Pendalaman lanjutan terhadap suatu objek studi tertentu seharusnya juga disajikan di dalam modul dalam bentuk catatan kaki atau kepustakaan
Sebagai medium motivasi (Motivator) modul digunakan untuk memperjelas dan mempermudah penyajian pesan atau materi agar tidak terlalu bersifat verbal. Selain itu modul juga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar bagi peserta diklat dan mengembangkan kemampuan dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan.
Sebagai Medium Evaluasi (Evaluator) Modul digunakan oleh peserta diklat untuk mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya karena penggunaan modul memudahkan diklat belajar mandiri.

Diambil dari
MODUL PELATIHAN
PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Subsribe

Name
Email *

Alexa Rank